Hai guys, kalian tahu kan kalau sekarang Indonesia sudah terkena yang namanya Covid-19. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan para pengusaha dan penduduk untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Tetapi perlu yang kamu ketahui bahwa, walaupun bisa melakukan aktivitas sehari-hari bukan berarti aktivitas tidak dibatasi. Terdapat prosedur akibat covid-19 yang perlu dipatuhi, harus mematuhi aturan standar protocol covid-19, mulai dari kebersihan, adanya penggunaan hand sanitizer, dan lain-lain. Hal tersebut juga bisa dilihat aplikasinya dalam sewa mobil yang ada di Bali. Mulai dari aplikasi sewa mobil secara online maupun yang biasa (atau di tempat secara langsung atau lapangan). Nah, dalam hal ini sewa mobil sudah mendukung kebijakan pemerintah yang sudah ada, seperti:

1. Grab Luncurkan GrabProtect di Bali

Grab dalam pengaplikasiannya sudah menerapkan standar kebersihan berdasarkan protocol covid-19. Hal tersebut bisa dilihat dalam GrabProtect yang diluncurkan untuk meminimalisir risiko penyebaran covid-19. Bersama dengan Dinas Perhubungan Bali dan Ditlantas Polda Bali. Jadi hal tersebut digunakan agar meminimalisir korban covid-19 lewat transportasi darat. Dengan adanya GrabBike dan GrabCar Protect maka menjaga standar keamanan, kebersihan dalam membawa penumpang. Inisiatif ini merupakan kelanjutan dari Pasukan Grab Higienis di Bali, Grab mencoba melakukan yang terbaik untuk menjaga keamanan dan kesehatan antara pengemudi dan penumpangnya. Pastinya dalam pengaplikasiannya nanti selalu dievaluasi dan dimonitoring. Penerapan new normal di Bali semoga berhasil. Langkah-langkah tersebut bisa dilihat dalam teknologi deklarasi kesehatan secara online, adanya formulir deklarasi kesehatan, kebersihan secara online, dan fitur pengecekan masker via selfie. Antara pengemudi dan penumpang harus memastikan bahwa tidak mempunyai gejala covid-19 sehingga pengemudi bisa mengemudi dan penumpang bisa naik ke mobil untuk melakukan perjalanan. Adanya kelengkapan mobil dengan adanya partisi plastik. Sehingga hal tersebut bisa sebagai pemisah antara penumpang dan pengemudi agar meminimalisir penyebaran covid-19. Selain itu juga, terdapat posko sanitasi di Bali dan kendaraan bisa mendapatkannya.

2. Pastikan Pengemudi Memiliki Surat Keterangan Sehat

Sudah dipastikan sebelum mengendarai, para pengemudi harus memiliki surat keterangan sehat agar bisa beroperasi untuk bekerja. Selain itu, dengan mempunyai surat tersebut maka diindikasikan pula bahwa beliau tidak terkena covid-19.

3. Pastikan Kendaraan yang Digunakan Steril

Sebelum dipakai, di masa pandemi ini sebaiknya pengemudi melakukan pengecekan terhadap kesterilan kendarannya. Sehingga saat pemakaian tidak menularkan virus covid-19. Penyedia jasa sewa mobil dianjurkan melakukan vogging (menyemprot cairan disinfektasi) ke mobil agar tidak ada semua virus.

4. Melakukan Penghindaran Kontak Fisik

Selama membawa penumpang, maka pengemudi dan penumpang harus menghindari kontak fisik seoptimal mungkin. Hal tersebut dilakukan agar menghindari virus covid-19 terlalu menyebar. Dengan menghindari kontak fisik anda sudah membantu meminimalisir tersebarnya covid-19.

5. Β Memakai Masker saat Keluar

Saat berkendara atau melakukan aktivitas di luar, maka anda sebagai pengemudi maupun penumpang harus memakai masker sebagai bentuk pencegahan dan antisipasi diri agar tidak terkena covid-19. Selain itu juga, kalau bisa di mobil tersedia hand sanitizer. Jadi anda bisa menggunakannya sendiri sebagai pengemudi dan untuk penumpang agar sama-sama aman. Jadi, semua sewa mobil covid-19 di Bali sudah mulai menggunakan aturan atau protokol ini (mengaplikasikannya). Jangan lupa selalu rajin dalam menjaga kebersihan, dan menerapkan social distancing. Selain itu juga pembatasan keluar rumah jika tidak diperlukan. Lebih baik jika anda ada urusan keluar yang mendadak atau lebih penting, akan lebih baik jika bepergian sendiri atau menggunakan jasa sewa mobil jika bersama-sama akan lebih aman. Tidak hanya jasa sewa mobil saja yang melakukan protocol covid-19, tetapi juga semua aspek. Sehingga dari penjelasan di atas, otomatis penyedia jasa sewa mobil di Bali harus memahami dan turut andil dalam mengikuti protokol covid-19 yang ada. Agar bisa beraktivitas dan mencari uang juga. Tetap semangat walaupun ada Covid-19. Walaupun Covid-19 masih ada, kita tetap bisa beraktivitas.
×